KUNJUNGAN KERJA CAMAT DI DUSUN 2 LEPANG CURUP DESA SUKA JAYA


             Pada hari Selasa, 1 Maret 2016, Camat Sungkai Jaya kembali melakukan kunjungan kerja di Dusun 2 Lepang Curup Desa Suka Jaya. Hadir mendampingi Camat yaitu Sekcam Sungkai Jaya, KUPT Dinas Pertanian dan Peternakan, KUPT BKB dan PP, KUPT Dispenda, KUPT Dinas Kesehatan dan Kasubbag Keuangan Kecamatan Sungkai Jaya.
            Dalam kesempatan itu, Camat Sungkai Jaya menyampaikan program kerja Bupati Lampung Utara yang menjadi prioritas pelayanan kepada masyarakat seperti pelayanan administrasi kependudukan secara gratis. Administrasi kependudukan meliputi pembuatan Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk dan Akte Kelahiran.Walaupun gratis, program tersebut tetap mengikuti aturan tertib administrasi seperti pengantar dari desa untuk urusan di Kecamatan dan pengantar Kecamatan untuk urusan di Satuan Kerja Kabupaten. Tujuannya adalah agar desa dan Kecamatan memiliki data yang jelas tentang penduduk di wilayah kerja masing-masing. Selain itu, tertib administasi juga berfungsi sebagai deteksi dini terhadap organisasi terlarang yang mulai banyak diberitakan oleh media-media massa.
           Setelah Camat menyampaikan sambutan, masing-masing KUPT memberikan program kegiatan yang ada di dinas masing-masing. Dinas Kesehatan menyampaikan program kesehatan gratis. Kesehatan gratis dititik beratkan kepada warga yang memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang berguna untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis di tingkat pertama hingga rujukan ke Rumah Sakit Pusat (Cipto Mangunkusumo). Bagi warga masyarakat yang belum memiliki KIS bisa menggunakan Kartu Tanda Penduduk Kabupaten yang masih berlaku atau Kartu Keluarga. Namun penggunaan KTP atau KK hanya bisa mendapatkan layanan kesehatan gratis dalam lingkup Kabuapten Lampung Utara. Sebagai informai kepada masyarakat, bahwa mulai tanggal 8 hingga 15 Maret 2016 akan dilaksanakan Pekan Imunisasi Nasional Polio. Diminta kepada masyarakat yang memiliki anak umur 0 bulan sampai 5 Tahun untuk diberikan vaksin polio.
            Di bidang Pertanian dan Peternakan, KUPT menyampaikan program bibit padi, jagung dan kedele (pajale) secara gratis. Pelaksanaan kegiatan pertanian dibantu oleh anggota TNI dalam mewujudkan swasembada pangan. Untuk peternakan, terdapat bibit gratis pada peternakan besar yaitu sapi, peternakan sedang yaitu kambing dan domba serta peternakan unggas. Khusus untuk peternakan unggas masih belum diadakan lagi karena terkendala penyakit flu burung (Avian Influenza) yang masih rentan terjadi dimusim hujan. Karena lingkungan yang lembab memungkinkan virus berkembang dengan subur. Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah pemberian vaksin rabies secara gratis untuk hewan pembawa penyakit rabies seperti anjing, kucing dan kera. Memang secara kasus, rabies belum terjadi di Kecamatan Sungkai Jaya namun sebagai antisipasi maka dinas Pertanian perlu menyiapkan penangan awal.
            KUPT BKB dan PP menyampaikan program kegiatan KB sebagai warana menekan laju penduduk. Pemerintah mencanangkan dua anak cukup guna mengantisipasi ledakan penduduk. Ledakan penduduk dapat memicu kerawanan sosial terutama pada kepemilikan aset-aset seperti tanah dan lain-lain. Akibat ledakan penduduk juga bisa berakibat rendahnya penerimaan layanan umum pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya. Sedangkan cara untuk ber KB adalah dengan menggunakan alat kontrasepsi yang bisa didapat secara gratis seperti pil, IUD, Kondom, Implan ataupun menggunakan medis operasi pria dan wanita. Sedangkan urusan Pemberdayaan Perempuan diarahkan untuk melindungi perempuan dan anak-anak dari KDRT. Pelaporan KDRT bisa dilaksanakan dengan syarat hasil visum yang disampaikan kepada aparat kepolisian dan KPAI.
            Dalam rangka optimaslisasi pendapatan Pajak, KUPT Dispenda menyampaikan program “ayo bayar pajak”. Pajak tersebut sebagai modal pembangunan. Jika dibandingkan dengan nilai pajak yang dibayarkan masyarakat, maka pembangunan yang diterima oleh warga jauh lebih besar. Oleh karena itu pajak diwajibkan kepada seluruh warga karena nilai pentingnya.

Dari Kiri Ke Kanan : Camat, Perwakilan UPT Dinas Kesehatan, KUPT Pertanian dan Peternakan

Dari Depan ke Belakang : KUPT BKB&PP, KUPT Dispenda, Sekcam, Warga

Warga dengan antusias mendengar arahan Camat

Pengarahan Camat Sungkai Jaya

Comments

Popular posts from this blog

GUBERNUR TINJAU OPERASI PASAR MINYAK GORENG DI LAMPUNG TIMUR

KEPUTUSAN KEPALA BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA Nomor : 35 TAHUN 2003 TENTANG PETUNJUK PELAKSANAAN JABATAN FUNGSIONAL PENYULUH KEHUTANAN DAN ANGKA KREDITNYA

GILIRAN SRI JAYA DAN LEPANG TENGAH